nikkopputra
nikkopputra

Doa Memakai Pakaian agar Dijauhkan dari Segala Macam Keburukan

<picture></picture>

Doa Memakai Pakaian agar Dijauhkan dari Segala Macam Keburukan

Selain makan dan tempat tinggal, pakaian adalah kebutuhan hidup semua manusia. Mengenakan pakaian bermanfaat untuk melindungi tubuh, memperindah penampilan serta yang paling utama adalah menutup aurat.

Allah berfriman, “Wahai anak cucu Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu pakaian yang menutup auratmu dan juga (pakaian) bulu (untuk menjadi perhiasan), dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS. Al-A’raf: 26) .

Sebagai sebuah kebutuhan, memakai pakaian juga bisa bernilai ibadah asalkan berpakaian diniatkan karena Allah ta’ala. Salah satu cara agar berpakaian bisa bernilai ibadah adalah membaca doa berikut:

Bismillaahi, Allaahumma innii as-aluka min khairihi wa khairi maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Dengan membaca doa memakai pakaian di atas, kita akan mendapat banyak fadilah di antaranya:

1. Menambah rasa syukur

Pakaian yang kita kenakan jelas suatu nikmat yang wajib kita syukuri.

Allah berfriman, “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, “Sesungguh­nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7) .

2. Dapat memperindah diri

Berhias memperindah diri salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian yang baik. Allah sendiri dalam Al-Qur’an menegaskan bahwa Dialah Zat yang Maha Indah dan menyukai keindahan asal tidak berlebihan.

Begitulah kita sebagai umat Islam sudah semestinya melibatkan Allah dalam segala aktivitas termasuk berpakaian. Semoga pakaian yang kita kenakan mendatangkan banyak manfaat dan keberkahan.

Wallahu a’lam.

CC BY-NC-ND 2.0 版权声明

喜欢我的文章吗?
别忘了给点支持与赞赏,让我知道创作的路上有你陪伴。

加载中…

发布评论