nikkopputra
nikkopputra

[Infografik] 10 Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Industri Startup Indonesia

<picture></picture>

Industri startup punya daya tarik tersendiri sebagai tempat untuk memulai karier. Platform referensi perusahaan Jobplanet menyebut startup dipandang punya budaya perusahaan yang “cair” , dengan hampir tak ada batasan birokratis antara atasan dan bawahan. Setiap orang bisa lebih terbuka dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Seiring perkembangan bisnis startup , jenis tenaga kerja yang dibutuhkan pun tak lagi berfokus pengembangan produk saja. Mulai dari business development , pemasaran, hingga pekerjaan spesifik seperti data & analytics , lingkup profesional yang dibutuhkan pun makin mirip dengan korporasi besar.

Menggunakan data dari platform pencarian kerja Tech in Asia Jobs sepanjang 2019, kami menyusun daftar sepuluh jenis pekerjaan yang paling dicari di industri startup Indonesia. Berikut adalah jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan industri startup di Indonesia berdasarkan lowongan pekerjaan yang diunggah oleh para perusahaan:

Dari semua kategori pekerjaan yang dibutuhkan oleh para startup di Tech in Asia Jobs, pencarian tenaga di bidang web development mencakup lebih dari 18 persen dari total jumlah lowongan yang dibuka. Kebutuhan tersebut disusul pencarian tenagapenjualan dan business development yang mencakup sekitar 12 persen dari total lowongan.

Tenaga di bidang teknis, seperti tenaga IT, finance , dan data/analytics , masing-masing mencakup 6 persen dari total lowongan yang dibuka para startup . Porsi mereka masih lebih kecil dibanding kebutuhan akan tenaga di bidang mobile development yang mencapai 7 persen.

Berikut adalah gambaran lebih lengkap tentang sepuluh kategori pekerjaan yang paling banyak dicari industri startup di Tech in Asia Jobs, dengan detail kisaran gaji, contoh KPI, dan skill set yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan masing-masing:

Kami juga merangkum sederet jenis pekerjaan yang juga dibutuhkan oleh industri startup dalam negeri. Deretan pekerjaan tersebut adalah:

<picture></picture>

( Diedit oleh Iqbal Kurniawan )

CC BY-NC-ND 2.0 版权声明

喜欢我的文章吗?
别忘了给点支持与赞赏,让我知道创作的路上有你陪伴。

加载中…

发布评论