nikkopputra
nikkopputra

4 tips sederhana untuk sukses memulai bisnis startup

<picture></picture>

Para milenial ramai-ramai terjun ke bidang bisnis startup. Potensi yang besar membuat sejumlah kalangan tertarik untuk berebut ‘kue’ digital yang makin menarik.

Tak berlebihan, sebab belakangan banyak startup yang terbukti berhasil. Mereka sukses dengan bisnisnya; e-commerce, transportasi, fintech, dan lain-lain.

Namun untuk sukses di bidang ini, tentu pemilik usaha startup harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memulai untuk meminimalisir risiko kegagalan .

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi yang ingin memulai bisnis ini.

Ubah pola pikir

Banyak yang masih menganggap bahwa membangun bisnis ini hanya untuk mendapatkan keuntungan semata. Memang tidak dipungkiri bila saat berbisnis adalah untuk mencari keuntungan dari menjual barang atau jasa.

Sebaiknya ubah pola pikir seperti itu sebab pada bisnis ini bukan uang dulu yang diutamakan tapi barang atau jasa yang ditawarkan. Jika produk atau jasa yang Anda buat diminati, maka dengan sendirinya keuntungan akan diperoleh.

Terjun langsung

Setelah mengubah pola pikir menjadi product minded , maka segera wujudkan ide besar Anda. Sebab ide hebat jika tidak diwujudkan akan sia-sia. Namun Anda juga harus melihat potensi pasar seperti bagaimana kompetitor mengembangkan bisnisnya. Kemudian Anda juga langsung terjun ke pasar agar tahu apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis Anda.

Buat rencana

Susunlah rencana bisnis tentang produk atau jasa yang ingin dibuat, apa alasan membuatnya, siapa pembelinya dan lain sebagainya. Buat pula bagaimana bisnis Anda bisa berdiri, kondisi keuangan, rencana pengembangan usaha. Lengkapi dengan analisa produk, analisa manajemen, dan analisa keuangan.

Produk unggulan

Bisnis itu harus fokus. Tujuan awal mendirikan sebuah startup adalah mengembangkan produk unggulan agar memiliki ciri khas. Bahkan perusahaan besar sekali pun masih mempertahankan produk unggulan mereka.

CC BY-NC-ND 2.0 版权声明

喜欢我的文章吗?
别忘了给点支持与赞赏,让我知道创作的路上有你陪伴。

加载中…

发布评论