nikkopputra
nikkopputra

Seikat Kayu

Kisah Seikat Kayu

Seorang ayah memiliki beberapa orang anak yang sering bertengkar di antara mereka sendiri. Tidak ada kata-kata nasehat yang bisa menghentikan pertengkaran anak-anaknya, sehingga sang Ayah menjadi berpikir keras untuk mencari suatu contoh yang bisa membuat anak-anaknya sadar dan tidak bertengkar lagi.

Suatu hari saat anak-anaknya kembali bertengkar dengan hebatnya, sang Ayah menyuruh salah seorang dari anaknya untuk mengambil sekumpulan kayu yang telah di ikat dan disatukan. Kemudian sang Ayah secara bergiliran menyuruh anak-anaknya mencoba untuk mematahkan seikat kayu tersebut. Tiap anak mencoba dengan segala upaya, tetapi tak ada satupun yang berhasil.

Sang Ayah kemudian membuka ikatan kumpulan kayu tersebut lalu memberikannya kepada sang Anak untuk dipatahkan satu-persatu, dan mereka melakukannya dengan sangat mudah.

“Anak-anakku,” kata sang Ayah, “tidakkah kalian percaya bahwa pada saat kalian bersatu dan saling membantu, musuh tidak mungkin dapat melukai kalian? tetapi saat kalian terpecah-pecah dan bertengkar satu sama lain, kalian menjadi lemah seperti satu kayu dalam kumpulan ini.

Pesan Moral : Bersatulah untuk menjadi lebih kuat.

CC BY-NC-ND 2.0 版权声明

喜欢我的文章吗?
别忘了给点支持与赞赏,让我知道创作的路上有你陪伴。

加载中…

发布评论